JAM

Minggu, 07 Oktober 2012

Makalah Dampak Perokok

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Seperti yang telah kita ketahui, remaja saat ini amat lekat dengan rokok dan merokok. Sebagian besar remaja laki- laki indonesia telah mengenal dan mulai merokok semenjak bangku SMA bahkan SMP. Menurut mereka, dengan merokok mereka dapat merasa ketenangan diri dari berbagai masalah yang mereka hadapi sehingga mereka mampu mencari jalan keluar dari masalah mereka tersebut.                 
Selain itu, remaja indonesia cenderung menganggap bahwa merokok merupakan suatu tindakan yang mampu membuat mereka terlihat lebih dewasa, hebat, dan kuat, sehingga lama-kelamaan merokok menjadi kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan.
B. Rumusan Masalah
Dari uraian di atas, dapat kita kembangkan permasalahan pokok yang diteliti dalam penelitian ini, yaitu :
1. Apa keistimewaan rokok sehingga remaja Indonesia menkonsumsi rokok?
2. Apa saja dampak dari merokok?
3. Bagaimana cara agar remaja dapat lepas dari rokok?
C. Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini :
1. Memberikan gambaran tentang bahaya rokok.
2. Mendorong sesama remaja Indonesia untuk hidup bebas rokok.
3. Membantu remaja Indonesia untuk berhenti merokok.
D.Tujuan Masalah
Karena terbatasnya waktu, tenaga, pengetahuan, serta ketrampilan yang kami miliki, maka penelitian ini dibatasi pada :
1.Penyebab ketertarikan remaja kepada rokok.
2.Dampak-dampak yang timbul dari merokok.
3.Kiat-kiat agar remaja dapat hidup bebas rokok.
4. Dampak bahaya rokok
E. Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah :
1. Membantu sesama remaja Indonesia untuk tidak dan berusaha berhenti merokok.
2.  Menambah wawasan remaja Indonesia mengenai merokok








BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Rokok jelas memiliki begitu banyak kandungan yang sesungguhnya berdampak buruk bagi penkonsumsinya. Komposisi rokok yang jelas dapat kita ketahui langsung dari bungkus rokok itu sendiri adalah komposisi nikotin dan tar-nya. Ada beberapa merk rokok yang kandungan nikotin dan tar-nya cukup rendah, contohnya saja rokok SM (inisial) yaitu 1,0 mg nikotin dan 14 mg tar. Namun bukan berarti rokok tesebut menjadi patut kita konsumsi, karena tetap saja pemakaian rokok yang terus menerus dapat berakibat buruk bagi pemakainya.
Sementara itu, ada juga berbagai merk rokok lainnya yang memiliki kandungan nikotin dan tar yang jauh lebih besar, misalnya saja rokok DB (inisial) dengan kandungan nikotin1,6 mg dan kandungan tar 25 mg. belum lagi merk-merk rokok ekspor yang di jual bebas di indonesia yang berkandungan nikotin dan tar yang `berat`.
Pada umumnya, merk-merk rokok terkenal, maha, dan di proses secara modern memiliki kandungan nikotin yang murni dan terjamin keasliannya.
Sementara itu, merk-merk rokok yang terbelakang dan hanya di proses secara manual kebanyakan berkandungan nikotin yang kurang murni karena tembakau bagi rokok itu sendiri seringkali di campur oleh daun teh
Pembuatan Rokok
            Berikut ini merupakan rangkaian pembuatan rokok secara manual, yaitu :
1. Tembakau di jemur untuk dikeringkan.
2. Lalu tembakau yang telah di jemur tersebut di potong dengan alat pemotong.
3. Kemudian hasil potongan-potongan tembakau tersebut di simpan dalam jangka waktu tertentu.
4. Selanjutnya, tembakau tersebut di linting dengan menggunakan sebuah alat manual.
5. Hasil lintingan tembakau tersebut dilapisi oleh kertas rokok dan di beri gabus pada ujungnya untuk kemudian di linting sehingga jadilah rokok tradisional yang lengkap dan sederhana.
6. Terakhir, rokok-rokok hasil manual tersebut dimasukkan ke dalam bungkus-bungkus rokok yang telah di beri merk.













BAB III
METODOLOGI DAN CARA KERJA
A. Waktu penelitian
Penelitian ini dilaksanakan selama kira-kira 10 hari, yaitu di mulai dari 05 Mei hingga  08 Mei 2008.
B. Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah buku-buku mengenai rokok dan juga beberapa data tentang bahaya rokok dari internet.
C. Langkah kerja
1. Mencari buku-buku mengenai rokok.
2. mencari Gambar-gambar Bahaya Rokok Di Internet









BAB IV
PEMBAHASAN
Merokok adalah kebiasaan yang buruk karena rokok sudah terbukti sangat berbahaya bagi kesehatan. Miris sekali rasanya ketika ada seseorang yang dengan santai menghisap rokok berbahaya ini. Tapi, lebih miris lagi karena perokok manapun pasti tahu apa dampak negatif merokok, tapi ternyata tidak mampu untuk menghentikan kebiasaannya tersebut.
Bagi Anda yang tidak suka merokok, mungkin Anda heran kenapa para perokok begitu setia dengan benda kecil dan panjang itu. Perlu Anda ketahui bahwa rokok mengandung zat nikotin, yakni senyawa kimia yang bersifat racun dan mampu menimbulkan rasa ketagihan (candu) pada siapapun yang mengkonsumsinya.
Itulah sebabnya mengapa para perokok tak bisa lepas dari barang ini. Mereka merasa harus mengkonsumsi rokok, karena bila tidak, mereka akan merasa ada yang kurang dan tidak enak. Ironisnya, rasa kecanduan ini lebih dipentingkan dan membuat para perokok tidak peduli akan dampak negatif merokok.
a. Zat-Zat Berbahaya dalam Rokok
Bahaya rokok tak lain adalah karena kandungan zatnya. Menurut para ahli, rokok mengandung banyak sekali zat berbahaya. Saat rokok terbakar, rokok diklaim lebih berbahaya karena mampu menghasilkan zat racun yang jauh lebih banyak, yaitu sekitar 4000 zat racun.
Berikut ini adalah beberapa contoh zat racun dalam rokok yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh siapapun.
·   Nikotin. Zat kimia beracun ini menyerang saraf dan mampu membuat pengkonsumsinya merasa kecanduan.
·   Tar. Zat ini biasanya merusak paru-paru dan menjadi penyebab kanker karena sifatnya yang sangat beracun.
·   Karbon monoksida. Zat ini jelas-jelas beracun, bisa membuat tubuh kekurangan oksigen.
·   Ammonia. Zat beracun dan dapat membuat pingsan ini biasanya dipakai pada sabun pencuci lantai.
·   Aseton. Zat ini digunakan dalam proses pembuatan cat.
·   Hydrogen cyanide. Gas ini jelas beracun dan bisa menyebabkan kematian, pernah digunakan untuk menghukum mati terpidana. Hukuman ini biasa disebut “kamar gas beracun”.
·   Arsen/arsenik. Zat yang bersifat racun dan biasa digunakan sebagai pestisida atau herbisida.
Itulah beberapa contoh zat berbahaya rokok yang paling banyak dikenali orang, tapi masih ada ribuan zat racun lain dalam rokok. Dampak negatif merokok tak bisa lepas dari ribuan zat berbahaya itu. Anda masih tidak peduli dan ingin mencoba merokok? Lihat dulu apa saja dampaknya.
b. Dampak Negatif Merokok
·   Rokok adalah pemicu kanker yang sangat baik. Sejumlah zat kimia dalam rokok rata-rata bersifat karsinogenik/ beracun yang merupakan zat penyebab kanker.
·   Rokok juga penyebab penyakit lain. Penyakit yang disebabkan rokok antara lain bronkhitis, gangguan pernafasan, stroke, jantung dan juga gangguan fungsi ginjal.
·   Dampak negatif merokok yang lain adalah terganggunya fungsi seksual, seperti impoten pada pria. Bagi wanita yang merokok, bisa membuat wanita tidak memiliki anak karena akan mengalami keguguran. Kalau pun bisa hamil dan melahirkan, kemungkinan besar bayi tersebut akan lahir cacat.
·   Kandungan karbon monoksida mengganggu peredaran oksigen di tubuh. Hal ini memungkinkan Anda mengalami penurunan kinerja otak karena otak bisa bekerja dengan baik bila mendapat pasokan oksigen yang cukup, yang dibawa oleh darah. Bahaya merokok yang satu ini tentu sangat berpengaruh pada kecerdasan.
·   Kulit bisa menjadi cepat keriput karena penurunan kinerja sel-selnya yang membutuhkan oksigen.
·   Perokok umumnya mengalami kerusakan pada mulut, terutama pada gigi dan gusi (misalnya: gigi menjadi kuning/ kecokelatan). Selain itu juga menyebabkan nafas bau.
·   Dampak negatif merokok juga mempengaruhi mental dan kejiwaan perokok. Perokok akan ketagihan merokok, hal ini bisa membuat perokok tidak konsentrasi dalam pekerjaan (di tempat kerja manapun, umunya terdapat larangan merokok).
·   Perokok bisa juga mengalahi hal buruk dalam sosialisasinya. Ia mungkin akan dijauhi teman-temannya yang tidak suka dengan rokok. Bagi pria, bisa saja ia dijauhi oleh para wanita (umumnya wanita tidak suka perokok).
·   Dampak negatif merokok yang lain adalah menyebabkan penurunan ekonomi. Walau harga rokok ada yang murah, bayangkan berapa banyak uang yang dihabiskan untuk merokok setiap tahunnya bila perokok harus menghabiskan sejumlah rokok dalam satu hari.
·   Anda ingin tahu dampak negatif merokok yang paling fatal? Kematian. Banyak bukti bahwa perokok akan mengalami kematian karena sakit yang disebabkan oleh rokok itu sendiri.
Itulah dampak negatif merokok yang harus diwaspadai. Merokok adalah tindakan bodoh karena hanya akan merusak diri sendiri dan mempercepat kematian.
c. Dampak Bahaya Rokok



                                                                                             

 














BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, kami menyimpulkan bahwa :
1. Sesungguhnya, rokok memiliki amat banyak dampak buruk dibandingkan dengan dampak positfnya yang hanya sekedar berhubungan dengan penampilan yang modern dan ‘wah’/
2. Remaja Indonesia yang telah terlanjur menjadi penkonsumsi rokok masih bisa berhenti merokok dengan kemauan dan berbagai cara yang mudah ditempuh.
3. Sesungguhnya dengan merokok, remaja justru menonjolkan ketidakmampuannya dalam mengatasi tantangan hidup.
4. Masih ada kesempatan bagi remaja yang pernah merokok untuk memperoleh masa depan yang cerah.
B. Saran
Adapun saran kami terhadap penelitian ini :
1. Semoga hasil penelitian ini dapat dipergunakan untuk mendorond sesama remaja Indonesia untuk tidak dan berhenti merokok.
2. Agar penelitian ini dapat diteliti lebih jauh, agar supaya semakin banyak remaja yang berhenti merokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar